Jumat, 29 Juni 2018

Tentang Mama.

Nah... Di postingan kali ini aku bakalan ceritain tentang perjalanan hidup mamaku. The most beautiful women in the world (execpt meπŸ˜‚). The coolest mom ever. The super strong one. Pokoknya the most the most lahh mama itu mah .😘
Me: Ma, mama ceritain lah tentang mama dulu ma.. 
Mama: Cerita apa? 
Me: Ya cerita mama dari dulu mama masih di kuta cane. Dari mama lahir ma!
Mama: Wah, udah lupa mamaπŸ˜…
Me: Maaaa!!
Mama: Oke, oke mama ceritain..
Dan mulailah mama berceritaaa..
Mama lahir di Banda Aceh, waktu itu kakek wahab lagi ke Banda Aceh soalnya, soalnya kakekku itu tentara pada jamannya, jadi pindah pindah gitu lah. 
Terus setelah 4 atau 5 tahun di Banda Aceh, mama pulang ketempat asalnya Yang sebenarnya. Pulang kerumah. Di kutacane. Dan mama menamatkan sekolahnya sampai jenjang skkp di Kutacane. 
Skkp itu setingkat Smp juga, yang bedanya skkp itu kepanjangannya sekolah kesejahteraan keluarga pertama. Kesejahteraan keluarga itu maksudnya yang diajarkan ya macam2. Memasak, menjahit,  gitulah dan semacamnya. 
Waktu itu mama bukan termasuk keluarga yang mampu, tapi kendatipun dengan ekonomi yang rendah semangat sekolah mama gak pernah hilang. Mama itu orangnya semangat banget.  Iyasihh kan anak tentara . Kalau kata mama sih gitu. Anak tentara itu semangat semangat banget deh. 
Mama sukaaaa banget membaca katanya. Itu tuh yang mungkin turun ke anak anaknya. πŸ˜‰
Sampe sampe sampe apaa aja mama mau baca. Bungkus bungkus cabe jaman dulu tuh biasanya pake koran koran bekas. Karena mama ga ada bacaan lain, koran itupun jadilah πŸ˜‚πŸ˜‚
Singkatnya, tamat Skkp, mama pergi merantau ke Banda Aceh (lagi) bersama abangnya dan tinggal di salah satu rumah saudara disana. dan diikuti oleh adek adeknya. Bersama sama mereka menyewa rumah seadanya. Mama melanjutkan sekolahnya ke jenjang smkk. Sekolah menengah kesejahteraan keluarga. Smkk juga sekolah kejuruan, sekarang lebih dikenal sebagai smk (sekolah menengah kejuruan).
Dari dulu mama memang selalu 
Sekolah kesejahteraan keluarga, dari setingkat smp, sampe ke sma,  dan masih juga berlanjut sampai ke perguruan tinggi. 

Singkatnya, akhirnya mama menamatkan sekolah smkk nya di Banda Aceh, dan mama melanjutkan sampai ke jenjang perguruan tingi. Mama kuliah di Unsyiah, di fakultas keguruan ilmu pendidikan jurusan pendidikan kesejahteraan keluarga (tuh, kan kesejahtraan keluarga lagii πŸ˜‚)
Nah ,akhirnya Mama kuliah deh, terus pada suatu hari semua mahasiswa dikumpulkan dan akan dikirim ke daerah daerah , untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari kepada masyarakat, contohnya tuh kayak ngajarin ibu ibu masak, dan lain lagi semacamnya. 
Semua mahasiswa dikirim jauh jauh, dan mama dikirim ke Lhokseumawe, itu kali pertama mama ke Lhokseumawe. Waktu itu nama daerahnya adalah Matang kuli Dan semua mahasiswa2 itu menginap di rumah pak kheucik dari masing masing daerah. Dan mama pun melaksanakan tugasnya. Ngajarin ibu ibu masak, dan lain lainnya. mama bilang ibu ibunya pada baik baik. Pada hormat sama sesama. Dan mama di Lhokseumawe ini sampai selama 3 bulan. 
Sampai akhirnya, tugas mama selesai di Lhokseumawe, dan mama pulang ke Kutacane. Dan menikah disana. 

Namun, 4 bulan setelah menikah, nenek Aisyah wafat. Dan mama berduka. 

Karena, mama belum menyelesaikan kuliahnya, jadi mama berangkat lagi ke Banda Aceh dan menyelesaikan kuliah. Mama menyelesaikan skripsinya dikala tengah hamil besar, hamil bang ryan waktu itu. Dan akhirnya mama wissuda. 


Btw, foto yang di atas itu sebenarnya cuman foto biasa doang tapi aku bikin pigura ala ala dari karton. 😎

Setelah wisuda, mama pulang ke Lhokseumawe dengan papa dan melahirkan bang ryan di Medan. 4 tahun setelah bang ryan lahir, kemudian lahirlah bang Nanda.  

Mama bekerja sebagai guru kala itu di smk 2 Lhokseumawe. Dan berjumpa dengan bu Azlina.dan sampai sekarang walaupun Sudan pindah ke blangkejeren, mama Dan bu Azlina masih berteman. 


Dan pada 2003 mama memutuskan untuk mengambil s2 jurusan management pendidikan di unsyiah. Sebenernya kalau s2 itu biasanya cuman 2 tahun aja, namun kala itu karena terjadi tsunami di tahun 2004 jadi putus satu tahun dan akhirnya tamat dan wisudanya pada 2006. Tepat 2 bulan setelah aku lahir. Which is aku masi bayi banget kan πŸ˜‚

Diusia bang Ryan yang masuk tk, mama menitipkan bang Ryan kepada adiknya di Jakarta. Dan bang Ryan menetap di Jakarta sampai selesai tk, dan melanjutkan sd di Lhokseumawe. Namun hanya sampai kelas 3 aja, jelas 4 sampai kelas 6 abang kembali sekolah di Jakarta. Dan smp kembali ke Lhokseumawe. Kembali lagi sma abang di Jakarta sampai kuliah, menikah, dan berkeluarga. Ribet juga ya abang Ryan ini  😌😌Pada tahun 2015 abang memutuskan untuk kembali tinggal bersama mama di blangkejeren. 

Lain halnya dengan bang Nanda yang tk, sd, sampai smp di Lhokseumawe dan baru ke Jakarta setelah tamat smp. Melanjutkan sma disana sampai kuliah, bekerja, menikah, dan berkeluarga sampai sekarang. 


Lebih kurang yaa begitulah tentang mama. I love you mama 😘😍😘 



Dadaahh...

 

Kamis, 28 Juni 2018

Eksplorasi keluarga online

Assalamualaikum.. Hai guys!...
It such a long time aku engga pernah peduliin blog lagi mungkin udah setahun? Atau 2 tahun mungkin? Entahlahh.. 

Yang jelas hari ini aku bakalan nulis a lil bit of my holiday story. Yaa walaupun sebenernya liburannya juga gitu gitu aja siih. .  Tapi engga masalah lah kan berbagi cerita sedikitπŸ˜‹

Nah jadi guys, aku baruu aja tamat sekolah dasar dan ngelanjutin ke smp. Dan sekarang ini aku lagi libur panjang kelas satu. Tanggal 8 juli nanti aku akan masuk sekolah dan resmi jadi anak kelas 2 smp. Gak kerasa yaa waktu berjalan cepet banget emang. Udah gede aja akuuuπŸ˜…

So, pada postingan yang kali ini aku bakalan sharing kegiatan yang aku lakukan pas libur yang super panjang ini, btw aku libur itu start dari tanggal 15 mei dan bakalan baru balik ke sekolah lagi tanggal 8 juli nanti. Wahh aku ulang tahun di pesantren lagi doong ini..  btw aku pesantren looh, kapan kapan lah yaa kuceritakan tentang itu πŸ˜‰

Jadi pada liburanku kali ini untuk membunuh rasa bosan,  jadi aku ikut explorasi keluarga online gitu deeh . Jadi disini itu kita bakal dikasi tantangan tantangan #1 dan tantangan #2 tantangan pertama itu adalah untuk membuat pohon keluarga . Tujuannya adalah untuk menelusuri tentang keluarga gitu deehh .  Secara ga langsung aku jadi tau kalo keluarga papa itu banyaaak bangettt ! Sampe kewalahan aku nulisnya! Dan akhirnya pohon keluargaku jadii deehh 

Yah walaupun ini gak berbentuk pohon tapii ya udah lah yaaa

       


Dan ya itulah dia hasilnya.  Sooo. .. Tantangan #1 = Done !

Tantangan keduanya ini ada beberapa pilihan ada pilihan 1 , 2 , dan 3. Nah disini kita akan membuat sebuah karya tentang keluarga pilihan 1 itu adalah untuk membuat pola. Jadi kita akan mengumpulkan data data tentang keluarga dan membuatnya dalam bemtuk diagram atau semacamnya yang celas kita bakalan mengumpulkan banyaaaak banget data tentang keluarga. Contohnya bisa jadi tentang golongan darah, keunikan, dan semacamnya. 

Pilihan tantangan kedua itu adalah gali kisah. Seperti apa yang akan aku lakukan. Gali kisah ini kita bakalan gali kisah tentang keluarga gitu deh. Aku pilih tokohnya itu adalah mamaku. Kenapa pilih mama? Karena aku penasaran banget dengan kisah hidup mama, yang keliatannya seru banget untuk ditelusuri. Dan aku mau tau tentang cerita pengalaman2 seru yang pernah mama alami. Dan gimana sih ceritanya tentang mama melahirkanku di usia 45 tahun? Seru banget kan buat di cari tau? 

Dan ada tantangan #3 yaitu tentang membuat resep warisan keluarga .Yaa kita bakalan bikin karya tentang resep keluarga .Yang turun menurun gituu . 

Karya ini dapat berupa vlog/video,  atau bisa juga berupa tulisan kayak aku ini , photo, komik, mading ,kliping, sekreatif apapun itu lah pokoknyaa..

Jadi aku sudah mengumpulkan foto2 mama (sesudah menikah,  aku belum dapat yang foto sebelum menikah. Susah sih carinya 😣πŸ˜₯

Soo.. Aku akan memposting satu postingan penuh tentang mama di postingan berikutnyaa okee???? 

Dadah..... 



Sabtu, 23 Juli 2016

10 Trik Kertas Unik!





ini kereeen bangeeeeetπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Jumat, 27 Mei 2016

Bahaya Memakai Behel Hanya Untuk Gaya

                Teman-teman yang baik semua aku mau sharing nih, tentang bahaya memakai behel untuk gaya, bahaya lho teman-teman, baca yuk!
 
            sumber: girls
                kawat gigi atau behel digunakan untuk mengatasi susunan gigi yang bermasalah, seperti gigi atas dan bawah tidak bertemu dengan baik. Namun, saat ini banyak orang menggunakan behel hanya karena mengikuti tren bukan karena adanya masalah pada gigi. Hmm…padahal itu justru dapat menimbulkan masalah. Lalu, apa bahaya memakai behel hanya untuk gaya ? Menggunakan kawat gigi tanpa adanya masalah susunan gigi justru bisa menimbulkan masalah baru pada kesehatan gigi. Memakai behel salah satu keluhannya adalah sulit membersihkan gigi. Oleh karena itu, bahaya memakai behel hanya untuk gaya  adalah  ketika kita tidak membersihkan gigi dengan baik maka justru dapat membuat gigi kita berlubang. Lebih berbahayanya lagi bila kita memasang behel bukan pada dokter gigi spesialis ortodontis.
Karena bila pemasangannya tidak pas, susunan gigi yang sudah baik bisa malah berubah. Parahnya lagi mulut  kita menjadi tidak bisa menutup dengan sempurna.
Oleh karena itu, pakailah behel bila memang giginya  bermasalah dan sebaiknya lakukan pada dokter gigi spesialis ortodontis. Bila tidak ada susunan gigi yang bermasalah, maka tidak perlu memasang kawat gigi.
Sekarang sudah tahu kan bahaya memakai behel hanya untuk gaya ?

Kamis, 26 Mei 2016

teringat masa lalu.....

     ketika tadi, lagi iseng-iseng aja nanya ke Mama aku lahir hari apa, mama jawab "lupa, mama," yeah! aku langsung sebel, namun tiba-tiba ada ide yang lagi mampir di pikiranku, criingg!πŸ’‘ ide unuk melihat ke akta kelahiranku membawaku berjalan untuk melihatnya,namun alangkah gemesnya aku ketika ngeliat ada foto saat aku masih imut-imutnya dulu disitu, uhh,, kawaii! ^0^
 
   
  Aku langsung ketawa-keawa sendiri ngeliat fotonya ( apa lagi yang pake jilbab merah) taoi itu sih menurutku, aku gak tau bagaimana menurut kalian, dan jika dibedakan beda banget ya, sama yang sekarang, hahaha.......^3^
      gak hanya foto itu saja yang bikin aku gemes masih ada lagi yang bikin aku tertawa wk wk wk lagi contohnya seperti gambar ijazah tk yang juga sempat aku foto juga, namun aku hanya foto dibagian kesalahannya saja, ini dia
 
 

           Apanya yang salah? mungkin beberapa dari kalian ada beberapa yang belum tahu bahwa:  
  • kesalahan pertama : aku lahir pada tanggal 18 juli 2006 bukan 18 juni 2006
  • kesalahan kedua    : aku adalah anak dari papa yang namanya Darmansyah matsyah,                   bukan Novryansyah, karena Novryansyah adalah nama abangku  ini ada buktinya dari akta kelahiran lagi, (yaampun, pakai akta kelahiran repottt)
 
      
     Keliatan kan kesalahannya, hahaha.... ada lagi yang bikin aku senyum-senyum sendiri yaitu gambar disamping πŸ‘ˆ, memang tidak terlihat terlalu jelas namun itu adalah surat yang kutulis saat aku kelas 1 dulu, yang sebelah kanan judulnya "surat untuk mama dan papa" dan yang sebelah kiri judulnya adalah "surat untuk keluarga tercinta" menurutku ini lucu, 
      
     sudah dulu ya, sekarang aku sudah kembali mengingat masa depanku yang akan datang lagi dan sudah melupakan masa alu kan ada lagunya, masa lalu, biarlah masa lalu, jangan kau .....🎷🎡